Cara Sederhana untuk Optimasi Blog

| Jumat, 28 Agustus 2009
Ada banyak cara untuk membuat dunia maya mengetahui tentang blog kita, terutama artikel-artikel yang ada di blog kita. Karena dari artikel yang kita miliki itulah, blog kita bisa terindeks di mesin pencari. Selain dari tiga prinsip dasar ngeblog (posting, blogwalking, dan comment), cara-cara berikut juga efektif untuk optimasi blog kita. Berikut adalah cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan agar dunia maya mengetahui keberadaan blog kita:
Melalui ping, ping merupakan cara singkat dan mudah agar rilis artikel terbaru kita bisa terindeks oleh search engine terutama sekali Google dan Technorati. Caranya adalah mengisi profil tentang blog di situs ping tersebut, seperti memasukkan titel blog kita, alamat blog, kemudian ada pilihan opsional untuk feed situs kita (RSS dan Atom). Situs ping ada banyak sekali namun yang paling praktis dan saya sarankan adalah:
http://www.pingomatic.com
http://www.ping.in
http://www.autopinger.com
Namun dalam ping sebaiknya hanya sekali dalam 24 jam, karena lebih dari itu bisa-bisa pemberitaan tentang artikel kita ditolak. Oh ya, dan juga jangan terlalu banyak mencentang pilihan mesin pencari yang diberikan situs ping diatas, karena besar kemungkinannya untuk gagal.

Melalui situs social bookmark, mendaftar ke situs social bookmark akan memudahkan orang lain di dunia maya mengetahui tentang blog kita. Terlebih lagi masyarakat dari luar negeri. Seperti halnya ping, ada banyak sekali situs social bookmark di internet namun yang paling populer dan saya sarankan adalah:
http://www.digg.com
http://www.socialogs.com
http://www.infogue.com
http://www.lintasberita.com

Memasang aggregator, semacam pemberitahuan kepada situs aggregat agar mengindeks artikel di blog kita. Aggregator biasanya dipasang di bagian bawah setiap artikel di blog seperti yang Anda lihat di bawah artikel ini ada banyak sekali ikon aggregator yang langsung mengarah ke situs aggregat. Setelah kita mempublikasi artikel kita di blog, kita hanya perlu mengklik satu per satu ikon tersebut. Lebih beruntung lagi kalau ada pengunjung yang mengklik aggregator tersebut. Cara memasang aggregator adalah dengan memodifikasi template blog. Caranya memang sedikit rumit, mungkin saya bahas tutorialnya khusus untuk Anda di lain kesempatan.

Cara-cara sederhana tersebut bisa Anda praktikkan dengan mudah dan membuat surfing Anda menjadi lebih efektif dan efisien apabila Anda hanya punya sedikit waktu untuk ngeblog. Apabila ada yang ingin menambahkan, silahkan memberi saran maupun kritik di kotak komentar di bawah ini. Sekian artikel kali ini. Keep spirit!!

1 komentar:

Kedai Obat mengatakan...

Info mantab. Nge-Ping udah. Social Bookmark udah. Terus ada lagi gak caranya??

Posting Komentar

For your effective comment, please choose Name/Url,,
Thanks before, Keep spirit!!